Connect with us

Ralita FM

Ber-Polemik, SMA Negeri Pamekasan Justru Sudah Jalankan FDS

Pendidikan

Ber-Polemik, SMA Negeri Pamekasan Justru Sudah Jalankan FDS

Pamekasan,ralitafm.com: Ditengah Penolakan Full Day School atau Satu Hari Sekolah, di sejumlah daerah di indonesia, tak terkeculi di Kabupaten Pamekasan. ternyata, UPT Dinas Pendidikan Jawa Timur, sudah menerapkan Full Day Scool, terhadap sekolah negeri di Kabupaten Pamekasan.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Jawa Timur di Pamekasan Slamet Gustiantoko mengaku, Full Day School sudah diterapkan terhadap SMA/SMK Negeri di Pamekasan, sejak tahun pelajaran baru 2017-2018. Jumlah sekolah yang sudah menerapkan FDS, Sebanyak 15 Sekolah SMA/SMK negeri.

Siswa SMA Sederajat saat mengikuti Olimpiade di Perpusda Pamekasan.

Menurut Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan ini, Acuan hukum Penerapan Full Day School mengacu kepada Peraturan Mentri Pendidikan dan kebudayaan Republik indonesia No 23 tahun 2017 tentang hari sekolah, dimana jam belajar sekolah ditambahkan menjadi delapan jam dan jumlah hari sekolah menjadi lima hari dalam seminggu. Jadi jam belajar siswa yaitu 8 jam x 5 hari= 40 jam, belajar sama dengan jam kerja guru PNS. yang kini sudah dicabut dan diganti menjadi Peraturan Presiden.

Sekalipun sudah diterapkan untuk SMA/SMK negeri di Pamekasan, pihaknya tidak akan memaksa sekolah untuk menerapkan FDS. Full Day School diterapkan kepada sekolah yang siap melaksanakan. bagi yang tidak siap, tidak perlu dijalankan.

“Full Day School sudah lama kita terapkan, acuana hukum Permedikbud No 23 tahun 2017 tentang sekolah lima hari. tetapi, kebijakan itu kami terapkan kepada sekolah yang siap saja. bagi yang belum siap, kita tidak memaksa. sampai saat ini sudah ada 15 sekolah negeri di Pamekasan menerapkan FDS,”. Ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua PCNU Pamekasan KH. Taufiq Hasyim mengirimkan surat permintaan kepada Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) untuk menolak Full Day School. Alasanya, kebijakan itu dinilai sangat bertentangan dengan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 35 yakni ketentuan waktu kerja gurU.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan

To Top