Connect with us

Ralita FM

Bupati Pamekasan Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Dasar Penanggulangan Bencana

Pemerintahan

Bupati Pamekasan Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Dasar Penanggulangan Bencana

RALITAFM.COM – Untuk meningkatkan kesiagaan kebencanaan di Kabupaten Pamekasan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah menyelenggarakan pelatihan peningkatan kemampuan dasar  untuk  Tim Reaksi Cepat  (TRC) yang dibuka langsung oleh bupati Pamekasan, Achmad Syafii di Aula Makodim 0826 Pamekasan, Rabu, 22 Maret 2017 kemarin.

Latihan peningkatan kemampuan dasar ini diikuti sebanyak 75 peserta gabungan, diantaranya meliputi unsur  TNI/Polri Pamekasan, Palang Merah Indonesia Pamekasan, dinas terkait lainnya dan relawan bencana yang di gelar hingga hari ini.  Selama sehari kemarin, peserta menerima materi penuh untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kemampuan dasar penanggulangan bencana daerah yang disampaikan oleh Sekretaris daerah Pemkab Pamekasan dan pemateri dari BPBD Provinsi Jatim yang berkompeten di bidangnya.

Bupati Syafii mengatakan dalam sambutannya, pelatihan ini akan memberikan bekal dan kemampuan dasar untuk meningkatkan pengetahuan dan cara bagaimana peserta nanti siap dan siaga menghadapi bencana.

“mudah-mudahan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan peserta dan relawan tim TRC Penanggulangan Bencana untuk siaga dan tanggap darurat bencana khususnya di kabupaten Pamekasan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggungan Bencana Daerah Kabupaten Pamekasan, Akmalul Firdaus menjelaskan, pelatihan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas SDM dari TRC agar tidak terjadi miskomunikasi dan kordinasi semakin mantap ketika terjadi bencana dan bertugas dilapangan.

disamping itu, menurut mantan Kepala Dinas Sosial, kegiatan ini tidak hanya sebatas diberikan materi, namun ada praktek langsung untuk simulasi penanggulangan bencana. “kegitan ini juga dilakukan praktek simulasi penanggulangan bencana, ada dua jenis, yaitu penanganan bencana saat ada korban tenggelam akibat banjir, dan penanganan bencanan korban longsor, lokasi rekayasa bencana ini akan dilakukan di Embong Klompang Timur Kecamatan Pakong, sebab disekitar embong dekat tebing, sehingga cocok untuk simulasi,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan.

Pihaknya berharap, kegiatan ini nantinya akan memberikan bekal kepada peserta, ketika relawan TRC Penanggulangan Bencana dibutuhkan, mereka sudah siap dan siaga untuk membantu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pemerintahan

To Top