Connect with us

Ralita FM

5O Warga Disabilitas Dilatih Jadi Orang Kreativ

Budaya

5O Warga Disabilitas Dilatih Jadi Orang Kreativ

Pamekasan,ralitafm.com-Sebanyak 50 masyarakat disabilitas atau masyarakat yang memiliki keterbatasan diri, baik keterbasan fisik, kognitif, menta,  sensorik dan emosional mendapat pelatihan rehabilitasi berbasis masyarakat (rbm) dinas sosial Propinsi Jawa Timur.

foto ini dikuti dari antara.com

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pemkab Pamekasan Fatmawati menguraikan, ke 50 penyandang cacat atau disabilitas tersebut, diambil dari 10 Kecamatan di Pamekasan,  ke 50 penyandang cacat tersebut, dilakukan deteksi dini disabilitas, yang dipusatkan di Kantor Dinsos Pemkab Pamekasan.

Fatmawati  menambahkan, Ke 50 orang disabilitas tersebut akan diseleksi untuk mengikuti pelatihan di UPT Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur di Bangil Pasuruan.  Jenis pelatihan tersebut, disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.  jika disabilitas tersebut memiliki kemampuan menjahit akan diberikan pelatihan menjahit, ataupun pelatihan lainya.

“Nanti kita bawa Ke UPT Dinsos jawa timur, untuk diberikan pelatihan kepada masyarakat penyandang cacat di Pamekasan. Harapanya, sekalipun yang bersangkutan cacat, tapi memiliki kemampuan,”.ungkapnya.

Setelah mendapatkan pelatihan tersebut Terang Fatmawati, para peserta nantinya akan mendapatkan alat Bantu, misalnya jika ia cacat fisik akan mendapatkan kursi roda ataupun tongkat, jika ia bermasalahan dengan pendengaranya, akan mendapat alat Bantu dengar, dari Dinsos Jawa Timur.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Budaya

To Top